1 Juni 2017, menjadi sejarah karena Indonesia pertama kalinya menyelenggarakan Peringatan Hari Lahir Pancasila. Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi.
Tujuannya agar kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Proses lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara merupakan satu kesatuan proses sejak rumusan Pancasila pertama kali disampaikan Ir Soekarno tanggal 1 Juni 1945, rumusan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, hingga rumusan final tanggal 18 Agustus 1945. Tanggal 18 Agustus telah ditetapkan sebagai Hari Konstitusi melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 18 tahun 2008.

Pada tanggal itu SMAN 1 Wonotunggal juga mengadakan upacara bentuk rasa nasionalisme terhadap bangsa ini, namun dalam proses upacara hari lahirnya pancasila tersebut tampak ada yang berbeda. Upacara yang seharusnya paduan suara dinyanyikan oleh siswa namun kali ini berbeda karena Bapak dan Ibu Guru berserta Tata Usaha menjadi Team Panduan suara.

Tampak dalam video ini begitu semangatnya bapak ibu guru untuk menyanyikan lagu indonesia raya.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.