Dirgahayu SMAN 1 Wonotunggal

Dirgahayu SMAN 1 Wonotunggal

Tepat 10 tahun yang lalu, 22 Agustus 2007, SMAN 1 Wonotunggal resmi berdiri. Meski berpredikat sebagai sekolah negeri termuda di Kabupaten Batang, namun catatan dan capaian prestasi SMAN 1 Wonotunggal tidak bisa dipandang sebelah mata. Di usianya yang memasuki satu dasawarsa, SMAN 1 Wonotunggal terus berbenah untuk mewujudkan visinya yaitu “terwujudnya sekolah asri-lestari untuk melahirkan generasi yang berakhlak mulia, berdaya saing, berprestasi, mandiri dan transformatif”.
Di bawah kepemimpinan Drs. Henry Junaidi, M.Pd., selaku Plt. Kepala SMAN 1 Wonotunggal menggantikan Drs. Slamet Riyadi, M.Pd.Kons. yang meninggal dunia beberapa waktu yang lalu, SMAN 1 Wonotunggal menapaki usianya yang ke-sepuluh tahun dengan mengedepankan prinsip manajemen sekolah yang terbuka dan berkualitas.
Puncak acara Peringatan HUT 1 Dasawarsa SMAN 1 Wonotunggal, sebagaimana telah menjadi tradisi rutin setiap peringatan ulang tahun sekolah, dilaksanakan Apel Istimewa HUT SMAN 1 Wonotunggal pada Selasa, 22 Agustus 2017 yang diikuti oleh seluruh guru, staf, dan siswa SMAN 1 Wonotunggal.
Dengan menggunakan beragam jenis pakaian adat Nusantara, seluruh warga sekolah mengikuti Apel Istimewa dengan khidmat. Dalam apel tersebut, seluruh siswa mengucapkan Ikrar Siswa SMAN 1 Wonotunggal sebagai bentuk komitmen seluruh siswa untuk menjunjung tinggi nama baik almamater.
Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa SMAN 1 Wonotunggal harus mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Batang. Cita-cita tersebut bukanlah hal yang mustahil terwujud karena SMAN 1 Wonotunggal memiliki beberapa keunggulan seperti sebagian besar staf pengajarnya adalah kaum muda dan masih memiliki lahan yang luas sehingga masih dapat dikembangkan sarana dan prasarananya.
Selain itu, input siswanya setiap tahun juga mengalami peningkatan secara kuantitas dan kualitas. Saat ini, jumlah siswa SMAN 1 Wonotunggal adalah 524 siswa. Salah satu siswi berprestasi yaitu Indah Rachmawati yang berhasil menjadi Juara 1 MTQ Pelajar Tingkat Kabupaten Batang Tahun 2017 dan berhak maju ke tingkat propinsi.

Rangkaian Kegiatan
Rangkaian kegiatan peringatan HUT 1 Dasawarsa SMAN 1 Wonotunggal tahun ini diawali dengan kegiatan Jamas Sasana Wiyata yang dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2017 yang lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan lingkungan SMAN 1 Wonotunggal secara lahir dan batin. Kegiatan ini secara simbolis dilakukan dengan penyiraman air kembang setaman oleh Kepala Sekolah di gerbang sekolah dan dilanjutkan dengan kegiatan bersih lingkungan oleh seluruh siswa.
Kemudian, pada tanggal 18 Agustus 2017 digelar kegiatan Jalan Sehat yang diikuti oleh warga sekolah dan juga melibatkan masyarakat di sekitar SMAN 1 Wonotunggal. Jalan sehat ini bertujuan untuk mengakrabkan hubungan antara guru, siswa, dan masyarakat di lingkungan SMAN 1 Wonotunggal.
Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Parade Rebana tingkat SMP/MTs dan Bazar Kewirausahaan yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2017. Parade rebana diikuti oleh beberapa SMP/MTs yang merupakan sekolah pendukung yang berada di sekitar SMAN 1 Wonotunggal. Kegiatan ini adalah bentuk apresiasi SMAN 1 Wonotunggal kepada SMP/MTs yang selama ini telah bekerjasama dengan SMAN 1 Wonotunggal khususnya dalam penerimaan peserta didik baru.
Setelah pelaksanaan Apel Istimewa pada tanggal 22 Agustus 2017, dilanjutkan dengan kegiatan syukuran dan doa bersama dengan mengundang Komite Sekolah dan jajaran Muspika Kecamatan Wonotunggal.
Sebagai perwujudan rasa syukur atas HUT 1 Dasawarsa SMAN 1 Wonotunggal dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kapolsek Wonotunggal yang diserahkan kepada salah satu perwakilan guru SMAN 1 Wonotunggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *