Selasa, 24 September 2019, bersamaan dengan pelaksanaan workshop penyusunan perangkat pembelajaran bagi para guru SMA Negeri 1 Wonotunggal di bawah naungan LPMP Jawa Tengah, OSIS SMA Negeri 1 Wonotunggal menyelenggarakan kegiatan pendidikan demokrasi dengan melaksanakan Pemilihan Ketua OSIS Pilketos). Yang unik dari pelaksanaan kegiatan ini adalah bahwa kegiatan pemungutan dan penghitungan suaranya dilakukan secara elektronik. Pemilih memasuki bilik dan menghadapi sebuah layar laptop yang berisi foto 3 pasang calon. Pemilik memberikan suaranya dengan “mengeklik” salah satu foto pasangan calon.

Kepala SMAN 1 Wonotunggal Muh Kuntoaji, S.Pd., M.Pd.B.I. melakukan pengecekan sistem eVoting Pilketos

Tentu sama kegiatan tersebut sudah dimulai tahapannya dari beberapa hari sebelumnya, yakni dengan seleksi calon, penguimuman calon, serta kampanye menggunakan slogan dan pamphlet. Pada hari H, kegiatan diawali dengan apel pagi untuk menerima pengarahan dari Sekolah, orasi calon dan kampanye terbuka oleh masing-masing pasangan calon bersama pendukungnya..Kegiatan yang menampilkan 3 pasang calon tersebut diikuti oleh semua guru, karyawan, dan siswa dengan jumlah suara masuk sebanyak 489 suara. Dari sisi keorganisasian dan teknis pelaksanaan , kegiatan tersebut dimotori oleh Ibu Yasona Kartika Putri, S.Pd. (Pembina OSIS); sedangkan dari sisi pemanfataan TIK, dibimbing oleh Bapak Wisnu Ardlian Sugiyarto, M.Pd.  (Waka kurikulum).

Kampanye Calon Ketua Osis SMAN 1 Wonotunggal Periode 2019/2020

Dari ke 489 suara sah yang masuk, didapatkan bahwa suara terbanyak diraih oleh pasangan Ari Rafli . dan  M. Yulianto dengan jumlah suara sebanyak  258,  disusul dengan pasangan Khoirun Nisak. dan Feri dengan  137  suara dan pasangan Tyas Gina  dan Fadli  dengan 76 suara. Dengan demikian, pasangan dengan suara terbanyak akan dikukuhkan menjadi ketua dan wakil ketua OSIS periode 2019-2020.

Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua Osis SMAN 1 Wonotunggal 2019/2020

Dalam sambutannya, Kepala SMA Negeri 1 Wonotunggal, Muh Kuntoaji, S.Pd., M.Pd.B.I., mengaku bangga atas kegiatan yang dilakukan oleh OSIS SMA Negeri 1 Wonotunggal tersebut. Pertama, kegiatan tersebut merupakan bentuk pendidikan demokrasi  nyata di sekolah yang nantinya akan selalu diamalkan setelah para siswa hidup di masyarakat. Yang kedua, dengan pelaksanaannya yang dilakukan secara elektronik, secara tidak langsung akan meningkatkan literasi digital para siswa. Oleh karena itu, kepala sekolah menyampaikan ucapan selamat kepada OSIS SMANGGAL yang telah berhasil melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.