SENDRATISTIK Praktik Seni Kelas XII, Suguhkan tampilan yang luar biasa

0
dibaca 236 kali

Ujian praktek merupakan salah satu syarat kelulusan bagi siswa kls XII. Meskipun tahun ini 2023 pemerintah tidak menjadwalkan ujian praktik untuk masing masing mapel namun karena kegiatan praktek pada mapel seni budaya sudah mandarah daging dan merupakan turun temurun setiap tahun untuk di gelarkan . oleh karena itu praktek terakhir mapel seni budaya tetap dilaksanakan.

Praktek seni kali ini di tahun 2023 dilaksanakan pada hari jumat tanggal 24 februari 2023 , pada pukul 08.00- 11.30 bertempat di panggung gembira  SMAN 1 Wonotunggal. Siswa dibimbing untuk mengembangkan kreatifitas yang akan digabungkan oleh sebuah tarian, drama dan musik.

Praktek sendratasik pada tahun ini dikatakan berbeda dari tahun sebelumnya, dikarenakan tema dan konsep yang diusung pada kali ini yaitu tentang kebudayaan daerah di seluruh Indonesia dan siswa menggunakan iringan orisinal dalam mengiringi sebuah tarian dan drama. Siswa memainkan alat musik sendiri dan mengiringi tari serta lagu dan gerakan, alat music yang digunakan pada konsep ini yaitu menggunakan barang yang bias dijadikan alat music dikombinasikan alat musik daerah dan modern artinya pada materi semester satu dan dua di kelas XII (music kontemporer) di aplikasikan lewat praktek seni budaya kali ini.

Kriteria penilaian yang menjadi acuan adalah wiraga, wirasa, dan wirama. Wiraga yaitu bagaimana cara mereka bergerak dan mengolah tubuh dengan gerak gerak yang dihasilkan, wirasa yaitu dengan gerakan yang mempunyai penjiwaan atau bagaiaman seorang penari bias membawakan tarian sesuai dengan tema yang diangkat, sedangkan Wirama yaitu bagaiman seorang penari bias mengolah tubuh sesuai dengan music dan irama yang telah di angkat pada tema tersebut.

Penampilan dari para siswa kelas XII diharapkan dapat menjadi apresiasi para siswa lainnya yaitu adik kelas dibawah mereka, agar tahun berikutnya mereka mampu menghasilkan karya yang jauh lebih baik.  Dan ilmu ilmu yang didapatkan mampu diterapkan untuk masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.