2011, Tahun Terakhir PTN Seleksi Mandiri

Seleksi mandiri yang diselenggarakan perguruan tinggi negeri (PTN) diharapkan berakhir pada 2011 agar mahasiswa tidak mampu memiliki akses lebih luas untuk pendidikan tinggi.

Sebagai gantinya, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional akan memberikan insentif kepada PTN. Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan hal itu di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (16/1/2011).

”Tahun 2011 masih ada ruang, tetapi pada 2012 kami ingin seleksi mandiri sudah tidak lagi agar biaya penyelenggaraan pendidikan tidak dibebankan pada mahasiswa baru,” ucapnya.

Sebagai langkah awal, PTN diharapkan membuka keran seleksi nasional setidaknya 60 persen untuk menjaring mahasiswa. Selama ini struktur anggaran keuangan PTN ditopang tiga sumber, yakni pemasukan dari mahasiswa, pemerintah, dan program kemitraan.Agar bisa bertahan, PTN diminta bisa menggarap potensi kemitraan dan kerja sama penelitian.

http://edukasi.kompas.com/read/2011/01/17/11042618/2011..Tahun.Terakhir.PTN.Seleksi.Mandiri

3 Comments

  • setuju … karena seleksi mandiri mjd ajang PTN meraup untung. Selain itu, dengan adanya seleksi mandiri tyt semakin menurunkan kualitas mahasiswa di PTN. Tidak ada lg kebanggaan berkuliah di PTN karena asal punya duit lebih bisa kuliah di PTN.

    Arif RH Reply
  • Boleh minta penjelesan lebih detail gak? saya masih kurang mengerti

    Magdalena Dedek Reply
  • Boleh minta keterangan lebih detail gak? saya masih belum mengerti

    Silvana Meridith Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *