Ficky Septi Yurini Terpilih Sebagai Ketua OSIS 2014-2015

Ficky Septi Yurini Terpilih Sebagai Ketua OSIS 2014-2015

Kurikulum 2013 menuntut guru dan siswa kreatif dalam mencari sumber belajar agar materi pembelajaran lebih kaya warna. Pendekatan ilmiah yang diharapkan dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran harus dilakukan dengan metode dan teknik yang menarik.

Salah satu nilai kehidupan yang harus ditanamkan kepada para siswa adalah sikap demokratis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Model pembelajaran demokrasi tersebut tidak hanya diajarkan melalui mata pelajaran tertentu seperti Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) saja namun juga dapat ditanamkan melalui contoh praktis seperti proses pemilihan langsung ketua OSIS.

OSIS SMAN 1 Wonotunggal belum lama ini melaksanakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2014 – 2015 yang diikuti oleh 4 pasangan calon ketua dan wakil ketua. Keempat pasangan calon tersebut harus melalui serangkaian tes seleksi yaitu tes tertulis, tes wawancara, dan tes kemampuan dasar baris-berbaris.

Selanjutnya, keempat pasangan calon tersebut membentuk partai dan tim sukses masing-masing yang bertugas untuk menyusun strategi dan melakukan kampanye kepada seluruh siswa. Pada waktu yang telah ditentukan, pasangan calon dan tim suksesnya melakukan kampanye dengan menempelkan gambar/foto/pamflet pasangan calon dengan menjelaskan visi dan misi masing-masing.

Hari pencoblosan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2014 yang lalu diawali dengan kampanye terbuka di mana keempat pasangan calon menyampaikan orasi terbuka di hadapan seluruh dewan guru dan siswa. Kemudian, keempat pasangan calon diiringi oleh tim sukses masing-masing berpawai keliling lingkungan sekolah untuk mengajak para siswa memilih mereka.

Drs Habibi, Kepala SMAN 1 Wonotunggal, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wahana pembelajaran demokrasi secara langsung kepada para siswa. “Dengan memilih secara langsung, para siswa diharapkan dapat belajar memilih pemimpin secara bertanggung jawab dan sesuai hati nurani masing-masing,” ungkapnya dalam sambutan sebelum proses pencoblosan dimulai.

Setelah dilakukan perhitungan suara oleh panitia pemilihan, terpilihlah Ficky Septi Yurini dan M. Reynara Tastaftian sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMAN 1 Wonotunggal periode 2014-2015. “Saya berharap ketua dan wakil ketua OSIS dapat mengemban amanat tersebut agar dapat memajukan organisasi kesiswaan di SMAN 1 Wonotunggal,” ungkap M. Arif Rahman Hakim selaku Pembina OSIS.

1 Comment

  • Sukses…n selamat atas pesta dempkrasinya…

    habibi Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *